4 Kampanye Gerakan Peduli Kesehatan Yang Di Lakukan Pemerintah

  • Whatsapp
Peduli Kesehatan

Gerakan peduli kesehatan menjadi langkah utama untuk membiasakan budaya hidup sehat dilingkungan masyarakat. Upaya untuk dapat hidup sehat harus dapat diterapkan dan dibiasakan pada seluruh masyarakat di tanah air. Agar budaya hidup sehat dapat terwujud tentu diperlukan peran pemerintah.

Peranan dari pemerintah dapat diwujudkan dengan menyelenggarakan kampanye gerakan peduli kesehatan. Bentuk dari gerakan peduli kesehatan yang dapat dilakukan tentu beragam. Hal itu ditujukan agar masyarakat memiliki kesadaran terkait dengan pentingnya kesehatan terutama di era pandemi seperti sekarang ini.

Kampanye Gerakan Peduli Kesehatan Oleh Pemerintah

Saat ini, kamu dapat melihat bebrapa kampanye gerakan peduli kesehatan yang digalakkan oleh pemerintah. Berikut beberapa kampanye yang telah dilakukan untuk sebagai gerakan peduli kesehatan.

Gerakan Peduli Stunting

Gerakan peduli stunting dilaksanakan oleh pemerintah karena banyaknya anak berusia dibawah lima tahun atau di seribu hari pertama yang gagal tumbuh. Hal itu dikarenakan kekurangan gizi yang kronis. Kondisi stunting dapat menghambat perkembangan otak dan pertumbuhan anak. Hal itu juga dapat berdampak hingga anak tumbuh dewasa yang disertai dengan tanda-tanda rentan terhadap penyakit, rentan mengalami obesitas, dan mudah terkena penyakit tidak menular.

Stunting dapat dihindari dengan memberikan pola asuh dan pola makan yang tepat. Selain itu, sanitasi juga harus selalu bersih dan sehat. Gerakan ini perlu dilakukan karena pertumbuhan anak menjadi hal yang sangat penting. Dengan adanya gerakan peduli stunting, pemerintah memberikan dukungan dan pemahaman terkait dengan stunting agar kondisi tersebut dapat dihindari.

Gerakan Peduli Penyakit Tidak Menular

Walaupun tidak menular, penyakit tentu harus dicegah. Setiap orang tentu mengingnkan tubuh yang selalu sehat agar dapat beraktivitas dengan baik. Saat ini, pemerintah telah melakukan gerakan peduli penyakit tidak menular seperti garakan tekan obesitas, motivasi ptm, dan genarsi muda sehat jiwa.

Gerakan Peduli Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih menjadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Gerakan ini dilakukan karena  kebanyakan masyarakat lebih menyukai untuk mengkonsumsi minuman manis. Gerakan peduli minum air putih dilakukan dengan membagikan brosur. Gerakan ini juga bermaksud memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk minum 2 liter air putih setiap harinya.

Gerakan 3M

Sejak adanya pandemi Covid-19, pemerintah mengambil langkah untuk memberikan kampanye gerakan 3M (Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga Jarak, Memakai Masker). Gerakan ini menjadi salah satu langkah yang dapat diupayakan untuk mengurangi paparan virus Covid-19. Hingga saat ini, belum ada obat yang dapat mengatasi virus Covid-19.

Jumlah kasus yang terus meningkat juga seiring dengan bertambahnya korban meninggal akibat terpapar virus Covid-19. Terus meningkatnya kasus kematian juga berdampak pada pemakaman yang tidak dapat menampung semua korban. Hal itu dikarenakan jenazah positif Covid-19 dimakamkan di pemakaman khusus.

Pemakaman yang disediakan tidak selalu terkonsep seperti Pemakaman Sandiego hills, namun yang terpenting adalah dapat memenuhi protokol kesehatan dan persyaratan. Pemakaman khusus yang tidak memenuhi jumlah kebutuhan juga membuat beberapa jenazah positif Covid-19.

Kampanye gerakan peduli kesehatan menjadi langkah yang tepat untuk membantu masyarakat sadar bahwa sehat itu penting. Apalagi di saat pandemi seperti saat ini. Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh menjadi cara terbaik untuk terhindar dari paparan virus.

Related posts