Bingung Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri? Transfer Online Dengan Digibank By DBS Mudah!

  • Whatsapp
Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri

Bagi kamu yang saat ini sedang belajar atau sedang bekerja di luar negeri, mengetahui tentang cara kirim uang ke luar negeri pastinya menjadi salah satu hal yang sangat penting. Kini, jumlah masyarakat Indonesia yang bekerja maupun bersekolah di luar negeri semakin meningkat cukup signifikan. Karena itu, kebutuhan akan komunikasi interlokal sampai dengan pengiriman uang lintas negara mengalami kenaikan. Apabila dulu orang akan menggunakan layanan POS untuk mengirim uang ke luar negeri karena keterbatasan teknologi. Namun, seiring berjalannya waktu, kemudahan semakin dirasakan terutama dalam hal pengiriman uang baik itu mata uang di dalam negeri maupun luar negeri, dan salah satunya menggunakan digital banking yang memberikan layanan kegiatan perbankan melalui media digital.

Dalam hal ini bank DBS hadir dengan menawarkan aplikasi digibank by DBS kamu bisa Investasi Valas, yang memberikan kemudahan transaksi ke luar negeri. Kamu dapat bertransaksi di luar negeri kapan saja dan dimana saja. Transfer valuta asing (valas) adalah fitur dari layanan Aplikasi digibank by DBS yang memudahkan nasabah untuk memproses pengiriman dana mata uang asing (remittance) yang digunakan baik untuk penerima di dalam maupun luar negeri. Tidak hanya digunakan untuk mengirimkan uang, remittance digunakan sebagai sumber paling utama perdagangan valas di negara berkembang sehingga bisa menjadi devisa negara. Valas memiliki fungsi yang penting baik itu untuk bisnis dan pendidikan. Dalam dunia bisnis, remittance digunakan untuk bisnis skala internasional seperti ekspor dan impor. Sedangkan dalam dunia pendidikan, remittance berfungsi untuk melakukan biaya administrasi pendidikan di luar negeri, baik itu sekolah maupun kuliah di beberapa tempat luar negeri.

Keuntungan bertransaksi valas menggunakan Aplikasi digibank by DBS adalah kamu dapat mengakses 24/7 dimana saja dan kapan saja. Aplikasi digibank by DBS memberikan free biaya transfer ke lebih dari 20 negara tujuan dengan menggunakan mata uang, SGD, USD, AUD, EUR, HKD, CAD dan GBP secara free atau gratis! Nilai tukarnya pun kompetitif, sehingga kamu akan merasa ringan melakukan kirim uang ke luar negeri. FX rate terkini dan juara. Kamu pun dapat melakukan transfer di hari yang sama (same day) sebelum batas waktu yang ditentukan.

Terdapat dua layanan pada Aplikasi Digibank by DBS untuk melakukan transfer ke luar negeri, yaitu:

  • Layanang Transfer Valas Bebas Biaya

Layanan ini merupakan layanan transfer ke luar negeri bebas biaya pada hari yang sama, dan berlaku pada beberapa negara. Transfer valas akan diproses melalui sistem internal Bank DBS Indonesia menggunakan mata uang yang dimiliki negara tersebut, seperti pengiriman USD ke Amerika Serikat, SGD ke Singapura, AUD Ke Australia, CAD ke Kanada dan lain sebagainya.

  • Layanan Transfer Valas Reguler

Dengan layanan ini, kamu dapat melakukan transfer mata uang asing dengan menggunakan sistem SWIFT (Society for Worldwinde Interbank Financial Telecommunication). Sistem SWIFT adalah sistem perbankan internasional untuk mengirim dan menerima informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Transaksi ini menggunakan standar keamanan yang baik dan lingkungan yang dapat diandalkan. Pada layanan transfer valas regular, jalur yang digunakan untuk pengiriman mata uang asing di luar jalur Layanan Transfer Valas Bebas Biaya. Mata uang yang dapat dikirimkan adalah HKD, AUD, NZD, EUR, GBP, SEK, CHF dan CAD, USD, SGD, JPY, THB,.

Beberapa ketentuan berikut sebelum bertransaksi valas dengan Aplikasi digibank by DBS adalah:

  • Jika tidak menyebutkan pihak yang menanggung biaya secara jelas, maka biayanya akan dibebankan kepada pengirim (sender).
  • Bank memiliki kewenangan untuk menambah, mengubah dan memodifikasi sebagian atau seluruh ketentuan mengenai biaya-biaya yang berlaku di Bank DBS, tentunya akan diberi pemberitahuan terlebih dahulu kepada nasabah sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku.
  • Bank melakukan konversi dari mata uang Rupiah ke mata uang pilihan nasabah sesuai kurs yang berlaku.
  • Nasabah harus memiliki uang dalam rekening Rupiah dengan jumlah yang seharusnya untuk melakukan transfer valas agar terbebas dari segala jaminan atau pembebanan maupun sita apapun.
  • Batas transaksi konversi atau pembelian valas terhadap Rupiah yang ditetapkan oleh Bank DBS adalah US$ 25.000 per bulan untuk setiap nasabah. Transaksi ini mencakup keseluruhan transaksi termasuk kirim uang ke luar negeri yang dilakukan di seluruh channel Bank DBS baik di kantor cabang, Aplikasi digibank by DBS dan cara lainnya.

Lalu bagaimana cara melakukan kirim uang ke luar negeri pada Aplikasi digibank by DBS, berikut ini adalah beberapa langkahnya

  • Pilih menu “transfer” dan klik “transfer valas”.
  • Klik “Tambah Penerima” lalu ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Pilih negara yang dituju.
  • Pilih mata uang.
  • Pilih bank dan masukan detail penerima.
  • Masukan jumlah yang akan dikirim, lalu klik “lanjut” dan selesaikan transaksi kamu.

Apabila terjadi kegagagalan dalam pengiriman uang ke luar negeri, kamu tidak perlu khawatir karena Bank pasti mengembalikan uang yang sudah diproses ke rekening kamu dengan kurs yang berlaku saat pengembalian dilakukan. Apabila ketidaklengkapan atau kesalahan detail data penerima dan tidak terpenuhinya informasi tambahan yang diperlukan dari pengirim itu dapat menjadi penyebab kegagalan transfer. Bertransaksi valas menggunakan Aplikasi digibank by DBS akan menguntungkan kamu dimana nilai mata uang (kurs) lebih kompetitif dibandingkan kurs yang tertera di cabang Bank DBS Indonesia. Kamu juga bisa cek Instagram di @digibankid untuk info selengkapnya. Jadi tunggu apalagi, gunakan Aplikasi digibank by DBS untuk kemudahan transaksi.

Related posts