Inilah 3 Penyebab Diare yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Penyebab Diare

Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang biasanya ditandai dengan gejala sering buang air besar dan berair dalam kurun waktu yang sangat intens. Biasanya diare juga bisa disebabkan oleh bakteri yang masuk di dalam tubuh yang terbawa oleh makanan atau minuman. Untuk itu, bagi masyarakat Indonesia diare adalah salah satu penyakit yang sangat umum terjadi dan juga bukan merupakan penyakit yang asing. Bahkan dari beberapa penelitian kesehatan yang telah dilakukan menyebutkan, apabila jumlah kasus diare yang ada di Indonesia kurang lebih ada sekitar 7 juta. dan ternyata penyebab diare yang paling umum terjadi adalah karena faktor makanan atau minuman.

Untuk lebih jelasnya bahwa diare merupakan salah satu kondisi dimana feses yang keluar yakni berair atau encer dan frekuensinya sangat sering sekali. biasanya kebanyakan orang yang menderita penyakit diare atau yang terserang oleh diare akan ditangani dengan diberikan beberapa obat-obatan yang dijual bebas tetapi untuk diare yang sudah kronis biasanya juga akan segera mendapatkan layanan rawat inap supaya kondisi tubuh tidak semakin memburuk.

Untuk saat ini dan bahkan sampai sekarang penyakit diare merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang cukup besar dan biasanya terjadi di negara-negara berkembang. Salah satunya adalah penyakit ini sering sekali terjadi di Indonesia bahkan hampir di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. maka dari itu, sebagai bentuk pengetahuan dan sebagai salah satu tindakan pencegahan supaya terhindar dari diare, berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan diare yang perlu Anda ketahui dan simak:

  • Alergi obat-obatan

Ini merupakan salah satu hal yang cukup serius dan perlu diperhatikan dengan baik supaya tidak terjadi masalah yang lebih serius. Anda perlu tahu bahwa ternyata obat-obatan juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa seseorang bisa terserang oleh diare. Namun memang ini bukan kejadian yang umum, jadi terkadang ada beberapa orang yang alergi obat-obatan dan menyebabkan diare.

  • Makanan pedas dan bersantan

Perlu disimak dan diperhatikan dengan baik-baik bahwa memang ternyata diare juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis makanan tertentu. Misalnya adalah seperti makanan yang terlalu pedas dan bersantan serta makanan tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup sering. Hal ini menyebabkan usus kita menjadi terganggu dan menyebabkan diare.

  • Infeksi bakteri

Ini merupakan salah satu penyebab yang paling umum terjadi dan kenapa seseorang bisa terserang diare. Satu hal yang wajib Anda ingat dan perhatikan dengan baik-baik bahwa bakteri yang masuk dalam tubuh baik terbawa oleh makanan atau minuman yang sudah kita konsumsi juga bisa menjadi salah satu masalah utama kenapa seseorang bisa terserang diare. Untuk itu, usahakan Anda jangan sampai sembarangan konsumsi makanan dan minuman karena efeknya juga akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Dari beberapa penjelasan di atas tentang penyebab diare, Anda mungkin sudah paham dan mengerti bahwa diare itu bukan merupakan salah satu penyakit yang kronis namun juga tidak bisa dianggap sepele begitu saja. untuk itu, jika Anda sudah terserang diare ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkannya. Salah satunya adalah dengan konsumsi obat-obatan khusus diare dan atau bisa juga Anda konsumsi beberapa makanan atau minuman yang bisa dipercaya untuk menyembuhkan diare. Jika kondisi semakin kronis maka segera hubungi tenaga kesehatan yang terdekat guna mendapatkan tindakan yang lebih tepat.

Related posts