Jangan Lewatkan Banyaknya Manfaat Wortel untuk Bayi Anda dan Tips Mengolahnya Berikut Ini!

  • Whatsapp
Wortel

Memiliki buah hati yang sedang memulai mengenal makanan menjadi moment penting bagi ibu. Dimana pengetahuan ibu menjadi kunci kesehatan si kecil, bagaimana tidak seorang ibu harus paham mana makanan yang baik dan tidak dianjurkan bagi si kecil. Berbagai jenis sayuran menjadi salah satu komponen paling penting untuk dikenalkan, apalagi wortel. Dimana sayuran berwarna orange tersebut mengandung segudang nutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Apalagi banyak menu MPASI mudah yang bisa diolah dari wortel.

Kandungan Nutrisi Wortel

Wortel direkomendasikan untuk bayi karena memiliki banyak nutrisi didalamnya, tentu semuanya mendukung kesehatan dan pertumbuhan baik si kecil. Mulai dari kandungan karbohidrat, serat, kadar air, protein rendah, vitamin A, vitamin B7, vitamin B6, vitamin E, vitamin K1, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, asam folat, dan masih banyak lagi lainnya. Dari semua yang terkandung didalamnya tersebut, vitamin A menjadi salah satu yang paling banyak. Tidak heran jika dikatakan wortel sumber kesehatan mata, bayi akan memiliki mata lebih jernih, bersih dan tentunya cerah.

Manfaat Wortel untuk Bayi

Melimpahnya kandungan nutrisi yang ada pada wortel sepertinya sangat sayang untuk dilewatkan para ibu. Akan semakin menyesal tidak memberikan wortel pada anak, dengan melihat beberapa manfaat penting saat mengkonsumsi seperti dibawah ini:

  1. Menjaga mata lebih sehat.

Seperti yang telah dikatakan diatas, perkembangan mata bayi itu perlu untuk diperhatikan dengan baik. Selain dengan menjaga dari luar biasa usaha dengan dari dalam melalui pemberian vitamin yang diperlukan. Kandungan vitamin A hadir untuk kesehatan bagian retina. Selaput mata, sampai dengan bagian kornea.

  1. Meningkatkan imun tubuh.

Selain menjaga mata sehat, vitamin A yang terkandung didalamnya juga berperan meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Dengan imun yang kuat secara otomatis akan membuat tubuh si kecil lebih kuat menghadapi virus, bakteri sampai dengan parasite yang menyebabkan penyakit. Apalagi bisa membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel-sel tubuh.

  1. Membantu pembekuan darah.

Adanya vitamin K1 mampu menunjang proses pembekuan pada darah, sehingga resiko pendarahan lebih kecil. Selain itu juga berperan penting dalam menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang pada bayi, seperti yang diketahui itu sangat penting.

  1. Menjaga kesehatan kulit.

Dalam dunia kedokteran menggunakan skincare bayi terlalu banyak belum begitu dianjurkan, namun bunda tetap bisa mengusahakan untuk menjaga kesehatan kulit dengan makan makanan sehat seperti wortel. Kandungan vitamin B6 dipercaya mampu menjaga bahkan mengatasi ruam yang sering dialami oleh bayi.

Tips Mengolah MPASI Wortel

Setelah melihat beberapa manfaat diatas, pahami pula beberapa cara mengolah MPASI dari wortel yang bermanfaat. Mulai dengan memilih wortel yang berkualitas terlebih dahulu, warna orange, permukaan keras, lalu kupas dan bersihkan dengan air mengalir. Bisa direbus sampai empuk kurang lebih 10-15 menit, bisa di blender dan dicampur dengan beberapa komponen sehat lain untuk dijadikan pure. Atau si kecil sudah cukup usia bisa hanya dipotong untuk dijadikan finger food bergizi.

Semua kandungan nutrisi dalam wortel semua diatas bisa didapatkan hanya dengan memilih yang berkualitas. Selain itu dari pengolahan yang harus diperhatikan pula, jangan sampai nutrisi hilang akibat salah memasak. Untuk mendapatkan wortel yang sudah jelas baik dan berkualitas, bisa langsung belanja saja di TaniHub. Aplikasi belanja sayur online yang mudah, murah, berkualitas dan tentunya aman. Yuk, belanja berbagai kebutuhan sayur, buah dan perlengkapan lainnya di TaniHub dan nikmati promonya.

Related posts