Tata Cara Rehabilitasi Narkoba Sendiri di Rumah

  • Whatsapp
Rehabilitasi Narkoba

Tata cara rehabilitasi narkoba sendiri di rumah mungkin bisa menjadi langkah alternatif bagi Anda atau kerabat dekatnya. Pasalnya, untuk dapat pulih dari ketergantungan narkotika tak harus melalui panti rehabilitasi. Dengan cara mandiri hal itu pun bisa dilakukan.

Tata Cara Rehabiltasi Narkoba Sendiri di Rumah

Jika Anda memutuskan untuk mengambil langkah rehabilitasi narkoba sendiri dirumah, tenu harus paham setiap tahapannya. Meskipun bersifat mandiri pastinya tetap ada berbagai prosedur yang harus diikuti. Berikut beberapa tara cara rehabilitasi sendiri di rumah.

  1. Proses Detoksifikasi

Meskipun rehabilitasi dilakukan di rumah, proses detoksifikasi merupakan salah satu langkah awal dan penting wajib disertakan. Detoksifikasi adalah tahap awal pada perawatan untuk pemulihan dari narkotika. Hal ini agar membersihkan tubuh pecandu dari zat bahaya.

Proses detoksifikasi berlangsung guna membantu memulihkan pecandu dari ketergantungan narkotika. Langkah ini dapat dilakukan dalam jangka waktu beberapa bulan. Tergantung seberapa jauh pengguna mengonsumsi narkotika. Tujuan supaya terhindar dari efek sakau.

  1. Terapi Psikologi Dan Konseling

Selain proses detoksifikasi, tahap yang harus ada dalam rehabilitasi ialah terapi psikologi dan konseling. Langkah ini bisa dilakukan dengan cara pribadi antara pecandu dan konselor atau terapis. Pada proses tersebut ini terdapat beberapa cara di dalamnya.

Seperti pada jenis terapi kognitif yang berfungsi guna membantu pecandu dalam mengatasi rasa kecanduan. Tujuannya ialah supaya pasien mampu menangani keinginan konsumsi narkotika. Sedangkan proses konseling untuk mengubah perilaku akibat dari zat di narkoba.

  1. Program Aftercare

Proses afteecare ialah sebuah langkah akhir dari semua metode yang sudah dilakukan dalam tahap pemulihan. afteecare atau bina lanjut ialah dilakukan dengan cara memberikan berbagai aktivitas sesuai inginnya pasien. Tujuannya supaya dapat mengalihkan fokusnya.

Dengan langkah tersebut, pasien bisa lebih banyak beraktivitas dan menjadi makin produktif. Secara otomatis tidak akan muncul pikiran ke narkoba. Hal ini tentu diperlukan kedisplinan supaya berlangsung dengan baik dan pengobatan berjalan lancar serta sesuai.

Tips Mencegah Penggunaan Narkoba

Jika cara rehabilitasi narkoba sendiri di rumah cukup bekerja dengan baik, tentu pastikan Anda benar-benar merasa pilih. Selain itu, pentingnya mengetahui bagaimana caranya agar mampu menghindari penggunaan narkoba lagi. Berikut beberapa tips diantaranya.

  1. Selektif Dalam Bergaul

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu penyebab adanya penyalahgunaan narkoba dikarenakan lingkungan. Hal tersebut membuat seseorang terdorong untuk mengonsumsinya karena pergaulan. Jadi, cara terbaik menghindarinya adalah dengan lebih selektif.

Tentu tak ada salahnya agar Anda lebih selektif dalam memilih lingkungan pergaulan. Terlebih bagi para mantan pengguna narkoba akan sulit rasanya jika harus menolak tawaran apalagi kalau belum sembuh total. Jadi salah satunya jalan ialah menghindari lingkungannya.

  1. Mendalami Ilmu Agama

Cara terbaik yang bisa Anda Lakukan guna menghindari penggunaan narkoba adalah mendalami ilmu agama. Tak bisa dipungkiri bahwa dengan metode ini seseorang akan menjadi lebih religius. Secara otomatis akan menghindari hal-hal yang seperti ini.

Dalam agama apapun, narkoba adalah barang terlarang dan dilarang. Oleh karena itu, mendalami ilmu religius akan meningkatkan kesadaran bahwa bahaya konsumsi narkotika. Itulah mengapa hal ini menjadi salah sayu jalan terbaik.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara rehabilitasi narkoba sendiri di rumah. Selain itu pahami juga langkah pencegahan jika datang kembali keinginan untuk mengonsumsinya. Hal ini tentu harus diwaspadai mengingat baru pulih dari ketergantungan narkoba.

Related posts