Tidak Kalah Seru, 5 Ide Lomba Kemerdekaan Online

  • Whatsapp
online banking

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia selalu menjadi salah satu perayaan yang paling ditunggu-tunggu oleh penduduk Indonesia. Namun, perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke-76 pada tahun ini harus dirayakan secara virtual dikarenakan pandemi covid-19 yang kasus penularannya masih signifikan. Masyarakat dihimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan sangat tidak dianjurkan untuk berada di kerumunan. Hal ini tentunya menyebabkan masyrakat tidak bisa melakukan perlombaan 17 Agustus seperti yang biasa dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Namun, kegiatan ini dapat digantikan dengan lomba online Agustusan.

Meskipun tidak dapat dilakukan dengan berkumpul secara ramai, lomba Agustusan secara virtual tidak kalah meriah, lho! Kamu bisa melakukan perlombaan online dalam rangka perayaan kemerdekaan Indonesia bersama dengan keluarga, rekan kerja, tetangga, dan teman-teman. Ada berbagai macam perlombaan yang bisa kamu lakukan. Simak ide lomba online Agustusan berikut ini yang minim biaya dan tentunya aman karena jauh dari kerumunan.

  1. Cerdas cermat kuis kemerdekaan online

Lomba online Agustusan pertama yang dapat kamu lakukan adalah lomba cerdas cermat. Lomba ini sangat sederhana namun sangat mengasyikan karena membangkitkan semangat para peserta lomba yang harus dengan cepat dan tepat menjawab pertanyaan yang diberikan. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, tentunya kamu dapat menjadikan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia atau soal tentang kebudayaan Indonesia sebagai pertanyaan yang akan diajukan. Perlombaan ini akan sangat meriah apabila diadakan secara online. Untuk itu, kamu dapat memanfaatkan situs gratis seperti Kahoot!, Quizizz, dan Quizlet untuk melakukan lomba ini.

  1. Lomba adu bakat online

Pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia di 17 Agustus, sangat umum diadakan perlombaan adu bakat seperti lomba menyanyi, lomba desain poster, lomba menulis puisi, lomba membaca puisi, lomba menggambar, dan masih banyak lagi. Biasanya, perlombaan tersebut dilakukan di satu tempat dalam kurun waktu tertentu. Meskipun dalam keadaan pandemi dan diwajibkan untuk menjalankan social distancing, perlombaan tersebut tetap bisa dilakukan secara online.

Untuk kamu dan teman-teman yang memiliki hobi dan bakat menggambar atau mendesain poster, maka ini adalah ide lomba online Agustusan yang tepat. Perlombaan dapat dilakukan secara tim maupun individu dalam durasi waktu yang telah ditetapkan secara virtual. Tema dari gambaran atau poster dapat berupa tentang sejarah kemerdekaan Indonesia.

Terdapat berbagai contoh lomba lain yang dapat dilakukan secara online seperti lomba membaca puisi dan lomba menyanyi. Untuk perlombaan ini, peserta lomba dapat diminta untuk merekam diri mereka saat membaca puisi dan menyanyi lalu video mereka akan ditampilkan pada tanggal 17 Agustus untuk mendapatkan penilaian dan menentukan pemenang.

  1. Lomba karaoke dan sambung lagu online

Untuk kamu yang suka karaoke an, kamu bisa menjadikan lomba karaoke sebagai ide lomba online Agustusan. Kamu bisa mengadakan lomba karaoke secara virtual dengan mengajak keluarga dan teman dengan menyanyikan lagu yang bertema kemerdekaan. Adapun beberapa hal yang harus disiapkan seperti judul lagu, sistem penilaian, dan platform yang digunakan untuk melakukan video call. Untuk menunjang penilaian, peserta dapat diminta untuk memakai kostum yang unik.

Selain lomba karaoke, kamu juga dapat mengadakan lomba sambung lagu secara online. Permainan ini dapat dilakukan dengan cara diawali oleh satu orang yang menyanyikan 5 kata pada sebuah lagu, kata terakhir dari lagu tersebut akan menjadi kata pertama bagi orang selanjutnya dan diharuskan untuk menyanyikan lagu dengan lirik dari kata terakhir orang sebelumnya, dan begitu seterusnya. Sangat mudah namun seru.

  1. Lomba berfoto kreatif

Ide lomba online Agustusan selanjutnya anti ribet bahkan dapat dilaksanakan tanpa persiapan. Peserta dapat diminta untuk berfoto dengan tiga hingga lima barang yang berada di dalam ruangan masing-masing sebagai properti untuk berfoto. Tentunya, akan lebih menantang apabila diberi batasan waktu dan gaya yang harus diperagakan oleh para peserta. Perihal tema, lebih menarik jika peserta memperagakan gaya yang sesuai dengan momen perjuangan dan kemerdekaan seperti peperangan, penandatanganan perjanjian bersejarah, dan lain sebagainya. Setelah berfoto, peserta dapat diminta untuk mengunggah foto tersebut ke akun media sosial mereka agar perlombaan terasa lebih meriah.

  1. Lomba game online

Di era sekarang ini tentunya game online sudah menjadi permainan bagi semua kalangan. Oleh karena itu, mengadakan perlombaan game online bisa menjadi opsi tepat untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

Beberapa contoh di atas adalah ide lomba online Agustusan yang sederhana dan seru untuk mengisi perayaan hari ulang tahun Indonesia secara virtual bersama teman kantor, teman-teman, dan keluarga. Mengadakan perayaan kemerdekaan secara online merupakan cara yang paling tepat selama pandemi karena kita tetap harus memprioritaskan kesehetan dengan menjauhi kerumunan dan beraktivitas di rumah saja.

Tidak hanya merayakan kemerdekaan, kini urusan perbankan juga dapat dilakukan dari rumah. Segala aktivitas yang berhubungan dengan perbankan dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X.

PermataMobile X merupakan aplikasi online banking dari PermataBank. Dengan hanya menggunakan satu aplikasi, pengguna dapat melakukan segala jenis transaksi perbankan secara mudah, kapan saja, dan dimana saja.

Aplikasi ini canggih dan dilengkapi oleh lebih dari 200 fitur transaksi perbankan serta banyak keunggulan. Sebagai contoh, pengguna PermataMobile X dapat melakukan pengecekan semua akun PermataBank yang dimiliki dalam satu aplikasi. Kelebihan lainnya dari layanan online banking ini adalah kemudahan bagi pengguna untuk memeriksa mutasi transaksi hingga 12 bulan untuk semua jenis tabungan, deposito, giro, reksadana, obligasi, dan KPR.

Pembayaran di berbagai toko atau merchant juga semakin cepat apabila menggunakan PermataMobile X. Karena dilengkapi dengan fitur QR Pay, pengguna aplikasi dapat dengan mudah bertransaksi di kasir dengan hanya memindai barcode di merchant tersebut.

Selain di kantor cabang dan ATM, pengguna aplikasi dapat melakukan tarik tunai di seluruh gerai Indomaret dengan menggunakan fitur Mobile Cash di PermataMobile X. Pengguna aplikasi ini juga bisa mengirimkan uang disertai kartu ucapan ke nomor WhatsApp melalui fitur WhatsApp Gift. Tersedia banyak pilihan kartu ucapan menarik dan pengguna hanya perlu mengetahui nomor WhatsApp penerima.

Dari segi keamanan, PermataMobile X mengaplikasikan sistem login dengan menggunakan sistem Face ID atau teknologi pengenalan wajah sehingga proses login menjadi lebih cepat dan tentunya aman. Aplikasi ini juga menggunakan sistem login finger print atau login dengan sidik jari. Tidak hanya lebih praktis dan cepat, sistem ini dinilai sangat aman karena hanya pemilik perangkat yang bisa mengakses aplikasi dan melakukan transaksi.

PermataMobile X menawarkan layanan online banking dengan aspek kecanggihan, keamanan, dan kepraktisan. Tidak hanya kegiatan yang berhubungan dengan perbankan seperti berinvestasi, mengajukan pinjaman, dan membuka tabungan, kamu dapat membeli pulsa, membayar tagihan listrik, telepon, internet, dan top up dompet digital, token listrik maupun voucher game kamu melalui aplikasi ini.

Setelah mengetahui segala kelebihan dari PermataMobile X, tunggu apa lagi? Download sekarang juga di Google Play and App Store.

Related posts