Tips Sukses Presentasi Bahasa Inggris Agar Menarik dan Lebih Hidup

  • Whatsapp
Presentasi Bahasa Inggris

Dalam suatu perkuliahan atau pada saat kerja terkadang seseorang perlu memprentasikan hasil pekerjaannya di depan orang banyak. Bentuk presentasi ini tentu terkadang hanya berupa ucapan tetapi ada juga yang berupa bentuk lainnya. Tetapi inti dari presentasi ini adalah kamu harus kuat mental atau percaya diri dan membuat text atau format presentasi ini lebih menarik.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk bisa mempresentasikan hasil kerja ini terlihat menarik. Tentu, dengan presentasi menarik dan juga lebih hidup, kamu akan mendapatkan nilai plus dihadapan para pendengarnya.

Gunakan Powerpoint

Umumnya atau sebagian besar seseorang dalam menyampaikan presentasi bahasa inggris hanya melalui ucapan saja. Sehingga, para pendengar terkadang kurang memahami apa yang diucapkan. Hal ini tidak lain karena cara membacanya yang terlalu cepat atau kamu yang kurang paham jika penjelasannya hanya berupa ucapan

Tentu lain halnya jika menggunakan powerpoint, dimana para pendengar akan mengerti apa yang kamu katakan. Selain itu, kamu juga bisa terbilang begitu keren menggunakan powerpoint ini dan disampaikan dalam bahasa inggris.

Poin Penting

Karena menggunakan powerpoint, maka untuk presentasi tersebut tidak boleh semua teks ditulis semua. Kamu hanya cukup menulis poin-poinnya saja pada aplikasi tersebut, selanjutnya dijelaskan dengan ucapan. Dengan cara seperti ini tentu dari sisi pembaca mereka ada gambaran bahwa kamu sedang membahas topik tertentu untuk di analisa lebih dalam.

Gunakan Gambar dan Grafik

Jika dalam menggunakan powerpoint hanya tulisan saja tentu presentasi yang kamu lakukan sama sekali tidak menarik dan garing. Sehingga, kamu harus mengkombinasikannya dengan gambar-gambar tertentu. Untuk peletakan gambar ini bisa disebelah kanan atau kiri tulisan, tergantung bagaimana bagusnya.

Selain menggunakan gambar, kamu juga perlu menggunakan grafik pada saat presentasi. Dengan seperti ini tentu kamu akan lebih menghidupkan suasana dan siapapun yang melihat pasti akan merasa kagum karena cara presentasinya berbeda. Untuk grafik ini sebenarnya optional aja karena jika dalam presentasi ini ada data yang mengunakan angka-angkat.

Animasi

Selain gambar dan grafik, kamu juga bisa menambahkan adanya animasi dalam powerpoint tersebut. Dengan adanya animasi ini tentu akan lebih menarik para pendengar dan juga lebih hidup. Dalam animasi ini bebas saja mau menggunakan yang model bagaimana asalkan tidak merusak atau membuat ilfill para pendengar.

Penyampaian Menarik

Selain dari sisi penggunaan powerpoint, kamu juga harus pede dalam menyampaikan isi dari materi tersebut. sebagus apapun bentuk powerpointnya tetapi tidak percaya diri tentu hasilnya tidak akan maksimal. Awalnya, akan ada nilai plus tetapi karena kurang percaya nilai bukan nilai plus tetapi lebih kepada nilai minus.

Presentasi menggunakan powerpoint ini tentu harus lebih menguasai materi daripada presentasi yang hanya menggunakan ucapan. Hal ini tidak lain karena dalam powerpoint hanya menampilkan poin-poin saja. Sehingga, kamu sendiri yang harus bisa menjabarkan dari point-poin yang ada tersebut. Berbeda dengan presentasi dengan ucapan dimana hanya tinggal membaca teks yang telah ditulis sebelumnya.

Itulah beberapa teori dalam presentasi dihadapan orang banyak sekalipun dalam bahasa inggris. Jika dari teori ini masih bingung, kamu bisa melihat contoh presentasi bahasa inggris pada link tersebut untuk lebih memahaminya. Dengan bantuan contoh ini setidaknya kamu punya pandangan terkait bagaimana membuatnya. Setelah diketahui, kamu bisa mengaplikasikannya di powerpoint untuk bahan presentasi tersebut.

Related posts